06.40

BLTA Berlian Laju Tanker Tbk,

BLTA-CECO Bergabung Akan Hasilkan USD2,3 M
Senin, 5 Oktober 2009 - 10:42 wib

JAKARTA - PT Berlian Laju Tanker Tbk (BLTA) berencana melakukan penawaran (voluntary exchange offer) terhadap seluruh saham yang sudah diterbitkan dari Camillo Eitzen & Co ASA (CECO).

Hal tersebut seperti diungkapkan Direktur Pengembangan Usaha BLTA Siana Anggraeni Surya, dalam laporannya di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (5/10/2009).

Penawaran yang diajukan adalah sebesar NOK 25 untuk setiap lembar saham CECO, dibayarkan dalam bentuk saham BLTA yang merepresentasikan premium sebesar 270 persen dari harga saham CECO pada saat pasar tutup pada 2 Oktober 2009.

"Kami excited dengan prospek industri yang akan didapatkan dari kombinasi antara CECO dan BLTA ini. Transaksi dengan CECO ini memiliki jaringan pelayaran yang ekstensif dan basis pelanggan yang mengglobal adalah bagian dari strategi BLTA untuk ekspansi ke seluruh daerah di dunia. Ini akan semakin meningkatkan rute perdagangan dunia kami, memperkuat kehadiran strategis kami pada segmen kapal tanker kimia dan gas dan sekaligus mendiversifikasikan usaha ke dalam segmen curah kering dan jasa maritime," tukas Siana.

Direksi CECO dan para pemegang saham utama yang merepresentasikan sekira 76 persen dari total saham yang diterbitkan telah menyatakan dukungannya atas penawaran indikatif tidak mengikat yang telah mereka terima. Direksi CECO dan Axel C Eitzen sebagai pemegang saham utama pun telah menandatangani perjanjian ekslusif dengan BLTA.

Transaksi yang diajukan tersebut juga didukung oleh agen sindikasi bank Nordea. Pemegang saham utama BLTA (PT Tunggaladhi Baskara) dengan porsi kepemilikan sekira 59 persen hak suara yang dapat memilih, mendukung penuh transaksi tersebut.

Berdasarkan penawaran ini, CECO akan berpartisipasi pada penawaran ekuitas Eitzen Chemical ASA (ECHEM) dengan saham prorata. Perseroan akan mencoba untuk mencatatkan sahamnya pada Oslo Stock Exchange.

Penawaran ini akan menggabungkan dua kekuatan besar dalam tradisi kemaritiman dan menciptakan grup pelayaran internasional terkemuka di dunia dalam segmen kimia, gas, minyak, curah kering dan segmen jasa maritim. Grup ini akan menjadi armada kapal tanker kimia terbesar di dunia dengan armada yang paling modern.

Gabungan kedua perusahaan akan berada dalam posisi yang sangat tepat untuk dapat mengambil kesempatan dari pemulihan industri perkapalan yang didorong oleh peningkatan produksi industri dan jalur perdagangan internasional.

Penggabungan kedua perusahaan ini juga akan mampu menyediakan pelanggan lama dan baru dengan solusi transportasi kelas dunia dengan cakupan wilayah operasional global dan keberadaan lokal, termasuk akses ke dalam pasar domestik Indonesia dan semakin memantapkan kehadiran di kawasan Asia.

Total pendapatan dari penggabungan kedua perusahaan dari 12 bulan terakhir akan mencapai sekira USD2,3 miliar dengan EBITDA sebesar USD499 juta.

Apabila digabungkan dengan kapal yang sedang dibangun, grup ini akan memiliki dan mengoperasikan 157 kapal tanker kimia, 14 kapal tanker minyak, 42 kapal tanker gas, 50-60 kapal angkutan curah kering dan satu FPSO, selain jasa maritim yang diberikan melalui Eitzen Maritime Services (EMS).

Kombinasi dari kedua entitas tersebut akan menciptakan sebuah jaringan global yang solid dan mampu untuk melayani pelanggan berbasis internasional di seluruh pasar utama.

Selain bisnis yang akan saling melengkapi, kedua perusahaan juga berbagi nilai-nilai yang sama dan kepercayaan akan pentingnya budaya perusahaan yang kuat dan pengembangan atas sumber daya manusia di dalam organisasi. Kedua perusahaan sepakat untuk terus membangun dari kekuatan bersama ini melangkah maju menuju masa depan.

Chairman CECO Axel C Eitzen akan tetap menjalankan peran aktif dalam perkembangan grup di masa depan dan akan menjadi pemegang saham terbesar kedua di dalam grup tersebut.

Penawaran ini akan memberikan sebuah kesempatan kepada para pemegang saham BLTA dan CECO untuk mengambil bagian di dalam sebuah perusahaan besar, global, dan terdiversifikasi dengan baik serta dilengkapi dengan fleksibilitas finansial, potensi pasar yang sangat kuat, dan mampu memberikan likuiditas kepada para pemegang saham.

0 komentar: