07.37

INDF Indofood Tbk

IndoAgri Akuisisi Intimegah Bestari Senilai Rp8,5 M

Selasa, 18 Agustus 2009 - 14:53 wib
JAKARTA - PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) melalui anak usahanya, Indofood Agri Resources Ltd (IndoAgri) telah menandatangani proses akuisisi 100 persen saham PT Intimegah Bestari Pertiwi (IBP) dengan Agus Sjafrudin dan PT Karyahasta Bhumi Sriwijaya. Rencana akuisisi IBP nilainya mencapai Rp8,5 miliar atau setara USD1,2 juta.


"Indoagri lewat anak usahanya PT Serikat Putra dan PT IndoAgri Inti Plantation akan mengakuisisi 250 lembar saham PT Intimegah Bestari Pertiwi," ungkap Chief Executive Officer dan Executive Director Indoagri Mark Julian Wakeford, dalam keterbukaan informasinya kepada Bursa Efek Indonesia (BEI), di Jakarta, Selasa (18/8/2009).

Rencana akuisisi IBP dilaksanakan secara arms's length dan nilai transaksi sebesar Rp8,5 miliar setelah mempertimbangkan nilai pasar lahan saat ini dan setelah dilakukannya proses uji tuntas.

Berdasarkan perjanjian, 50 persen dari nilai transaksi, yaitu sebesar Rp4,25 miliar sudah dibayarkan Indoagri kepada IBP saat dilakukannya penandatanganan. Sedangkan sisanya sebesar 50 persen akan dibayarkan pada tanggal penyelesaian transaksi. Penyelesaian transaksinya sendiri akan tergantung pada terpenuhinya prasyarat-prasyarat dalam perjanjian dan diperkirakan akan selesai pada pertengahan September 2009.

IBP memiliki kegiatan usaha utama di bidang usaha perkebunan dan saat ini memiliki izin lokasi atas lahan seluas 10 ribu hektare yang berlokasi di Sumatra Selatan. Akuisisi IBP ini akan dibiayai dengan dana sendiri dan transaksi ini diperkirakan tidak memberikan dampak material terhadap nilai aset bersih dan laba bersih per saham Indoagri.

Pada perdagangan IHSG sesi kedua siang ini, harga saham dengan kode emiten INDF terkoreksi Rp100 atau setara 3,88 persen ke posisi Rp2.475 per lembar sahamnya

0 komentar: