07.11

BUMI Bumi Resources Tbk,

Shin Kong dan Bumi Beraliansi Cetak halaman ini Kirim halaman ini ke teman via E-mail
17/11/2009 08:29:13 WIB
JAKARTA, INVESTOR DAILY
Shin Kong Wedbush, perusahaan investasi asal Taiwan, membentuk aliansi strategis dengan PT Bumi Resources Tbk (BUMI). Shing Kong berniat membiayai ekspansi Bumi di sektor pertambangan.
“Kami dan Bumi Resources telah sepakat untuk membentuk aliansi strategis. Ke depan, kami dapat memfasilitasi dan berpartisipasi untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan Bumi dan afiliasinya,” jelas Shin Kong Wedbush dalam siaran persnya, Senin (16/11).
Shin Kong bersama Bumi juga akan mencari berbagai peluang investasi di Indonesia. Investasi tersebut diharapkan bernilai signifikan, sehingga dapat meningkatkan nilai perusahaan dan investor.
Perusahaan yang juga menjadi penasihat investasi global itu telah membantu Bumi terkait pinjaman senilai US$ 1,9 miliar atau sekitar Rp 19 triliun. Belum lama ini, Bumi berhasil meraih pinjaman senilai US$ 1,9 miliar dari China Investment Corporation (CIC).
Namun, ketika dikonfirmasi mengenai rincian kerja sama antara Bumi dan Shin Kong ke depannya, Senior Vice President Investor Relations Bumi Resources Dileep Srivastava mengaku belum mengetahuinya.
Sementara itu, Bumi telah merampungkan penerbitan obligasi global senilai US$ 300 juta. Bumi berencana menginvestasikan dana US$ 211 juta pada anak usahanya, Herald Resources Ltd, perusahaan tambang seng dan timah hitam asal Australia.
Perusahaan batubara milik keluarga Bakrie itu juga menyiapkan dana untuk mengakuisisi tambang batubara Maruwai di Kalimantan Tengah milik BHP Billiton, senilai US$ 500 juta. Kapasitas produksi di tambang tersebut sebanyak satu juta ton per tahun untuk batubara jenis coking coal (kokas). Coking Coal dibutuhkan untuk campuran bahan baku produksi baja.
Di samping itu, Bumi bersama Bakrie Capital juga mengincar 10% saham divestasi PT Newmont Nusa Tenggara (NNT). Kedua perusahaan telah membentuk perusahaan patungan, yaitu PT Multi Capital. Perusahaan itu beraliansi dengan PT Daerah Maju Bersaing bentukan Pemerintah Provinsi NTB, Pemerintah Sumbawa Barat, dan Pemkab Sumbawa, dengan mendirikan konsorsium PT Multi Daerah Bersaing (MDB).
Kemarin, Bumi Resources telah mentransfer uang sebesar US$ 391 juta kepada pemegang saham asing PT Newmont Nusa Tenggara. Dana tersebut untuk pembayaran 10% saham divestasi Newmont.

0 komentar: