06.02

UNSP Bakrie Sumatera Plantations Tbk

Ekspansi ke Kamboja, UNSP Investasi USD30 Juta


JAKARTA - PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk (UNSP) menyiapkan dana sebesar USD30 juta untuk ekspansi bisnis perkebunannya di negara Kamboja.

"Sekira USD30 juta kita siapkan untuk menambah lahan perkebunan seluas 10.000 hektare (ha)," kata Direktur UNSP Howard H Sargeant, saat ditemui wartawan di Universitas Bakrie, di Kampus Universitas Bakrie, Jakarta, Jumat (20/11/2009).

Dijelaskannya, sebanyak 20 persen dari dana tersebut akan didapatkan dari kas internal perseroan. Sementara sisanya akan didapatkan perseroan dari pinjaman luar negeri. "Dari mana saja pokoknya," jelasnya.

Selanjutnya, dia mengatakan jika lahan seluas 10 ribu ha tersebut akan didapatkan perseroan dari akuisisi lahan (lahan sudah tertanam) serta dari pembukaan lahan baru. "Itu mungkin dari akuisisi lahan atau bisa juga dari lahan baru. Atau bisa juga keduanya," paparnya.

Howard memaparkan, jika ternayata akuisisi lahan yang dilakukan perseroan, baru akan menghasilkan pada 2010. Akan tetapi, jika membuka lahan baru (green field), untuk tanaman karet membutuhkan waktu lima tahun untuk menghasilkan, sementara lahan baru kelapa sawit baru menghasilkan setelah tiga tahun ditanam.

Selain itu, perseroan juga tengah mengkaji untuk melakukan ekspansi di Vietnam. "Tapi mungkin juga belum," tukasnya.

Dalam melakukan ekspansinya ke luar negeri, perseroan melakukannya melalui anak usahanya, Bakrie Sumatera Plantations Liberia.

0 komentar: