07.23

BTEL Bakrie Telecom Tbk,

BTEL rilis Esia Messenger

JAKARTA: PT Bakrie Telecom Tbk (BTEL) menggandeng Qualcomm, Huawei, dan Miyowa untuk menyediakan ponsel yang memiliki kemampuan mobile web 2.0 dan aplikasi Esia Messenger, yaitu Hape Esia Online.

Erik Meijer, Wakil Direktur Utama PT Bakrie Telecom Tbk, mengungkapkan aplikasi yang berjalan di peranti genggam tersebut merupakan aplikasi resmi layaknya smartphone lainnya.

"Penyedia aplikasi internasional seperti Facebook, Yahoo!, Opera, Qualcomm. Huawei, Miyowa dan CDG (CDMA Development Group), memberikan dukungan pada saat pengenalan pertama kali ponsel ini di ajang CDMA Summit 2009 di Hong Kong awal Desember lalu," tuturnya di sela-sela peluncuran ponsel tersebut, kemarin.

Ponsel tersebut, tambah Erik, memungkinkan pelanggan Esia saling berkomunikasi pesan cepat dengan menggunakan nomor telepon Esianya sebagai PIN yang disebut Esia Messenger. Dengan aplikasi ini pelanggan Hape Esia Online bisa melakukan chatting real time dan saling berkirim foto.

Saat ini, chatting dalam fitur Esia Messenger baru dinikmati antarpelanggan Hape Esia Online, tetapi ke depannya aktivitas bertukar pesan antarteman ini bisa dilakukan dengan semua Hape Esia.

Erik mengungkapkan untuk tahap pertama, pihaknya baru memproduksi 100.000 unit Hape Esia Online sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Dalam menyediakan ponsel tersebut, PT Bakrie Telecom menggandeng Huawei, Qualcomm, dan Miyowa.

Alison Rosenthal, Head of Business Development, Facebook mobile, menambahkan misi dari Facebook mobile adalah agar pengguna kami dapat terus terhubung dan saling berbagi informasi walau tidak sedang berada di depan komputer mereka.

Melalui kerja sama dengan Qualcomm, Huawei dan Miyowa, Bakrie Telecom dapat menawarkan layanan Facebook kepada pelanggannya menggunakan perangkat C6100.

"Yahoo! sangat senang dapat bermitra dengan Bakrie, yang merupakan operator CDMA pertama yang akan mengusung layanan Yahoo! Messenger ke Indonesia. Aplikasi Yahoo! Messenger akan tersedia di handset C6100," ujar Tommaso Del Re, Head of Mobile Yahoo! Southeast Asia.

Dalam ponsel itu terdapat berbagai aplikasi seperti e-mail, Facebook, Yahoo! Messenger, Windows Live Messenger, Google Talk, dan Opera Mini Microbrowser.

Selain aplikasi e-mail, chatting, dan social networking, aplikasi lainnya meliputi download ribuan lagu seharga Rp1.000 sehari per 30 lagu.

0 komentar: