06.05

Technical Analysis: Ichimoku

Pengenalan Ichimoku

Ichimoku Kinko Hyo atau biasa disingkat dengan “Ichimoku”, secara bahasa dapat berarti “grafik keseimbangan dalam sekali lihat”atau "Equilibrium chart at a glance”. Dimana maksudnya adalah “memperoleh gambaran kondisi pergerakan pasar hanya dalam sekali lihat”.

Dari pemberian nama tersebut tersirat bahwa tujuan dari dibuatnya indikator ini adalah memberikan gambaran situasi pergerakan pasar kepada trader, investor atau analis dengan semudah-mudahnya. Sehingga dapat ditarik suatu kesimpulan tentang kondisi pasar yang akurat dalam tempo yang cepat (satu kali lihat pun cukup).


Komponen Ichimoku

Pada indikator Ichimoku terdapat beberapa komponen analisa yang menjadi patokan dalam menggunakan indikator ini. Komponen-komponen tersebut adalah Awan (Kumo), Tenkan Sen, Kijun Sen, Chikou Span, Senkou Span A dan Senkou Span B.

Kumo

Pada indikator Ichimoku terdapat komponen grafik yang menunjukkan keberadaan awan yang yang dalam bahasa Jepang disebut dengan "Kumo". Kumo ini menggambarkan posisi wilayah resistance atau support dari pergerakan harga. Sedangkan seberapa tebal awan tersebut memberikan gambaran seberapa kuat wilayah resistance atau support tersebut.

Tenkan Sen

Secara harfiah Tenkan Sen berarti “garis yang bergulir” (Tenkan = bergulir/berganti-ganti; Sen = garis). Adapun secara teknis Tenkan Sen dapat dikatakan sebagai garis yang mencerminkan rata-rata perubahan harga dengan derajat yang lebih sensitif.

Dengan tingginya sensitivitas garis ini terhadap perubahan harga maka Tenkan-sen cenderung berubah dengan lebih aktif jika dibandingkan dengan Kijun –sen.

Kijun Sen

Secara harfiah Kijun Sen berarti “garis standar/acuan” (Kijun = standar ; Sen = garis). Secara teknis Kijun Sen dapat dikatakan sebagai garis yang mencerminkan rata-rata perubahan harga dengan derajat yang kurang sensitif.

Dengan kurangnya sensitivitas dari Kijun-sen ini maka nilai Kijun-sen cenderung lebih sulit untuk berubah secara signfikan, sehingga dijadikan sebagai acuan (kijun).

Chikou Span

Secara harfiah Chikou Span berarti “garis standar/acuan” (Chikou = lambat ; Span = rentang). Secara teknis Chikou Span dapat dikatakan sebagai garis yang mencerminkan rata-rata perubahan harga dengan derajat yang sangat kurang sensitif, sehingga bergerak sangat lambat dan mencerminkan harga yang telah lalu.

Chikou Span sebenarnya adalah harga penutupan yang “digeser ke kiri” sejauh 26 periode. Hal ini dapat lebih dipahami jika kita mengganti tampilan harga dari Candlestick menjadi Line Chart. Dengan hal tersebut maka akan terlihat bahwa Chikou Span sama persis dengan garis pergerakan harga hanya saja tertinggal 26 periode dibelakang.

Senkou Span A dan Senkou Span B

Senkou Span A dan Senkou Span B garis-garis yang membentuk awan. Jarak antara Senkou Span A dan Senkou Span B menunjukkan esberapa tebal awan tersebut atau seberapa kuat resistance/support tersebut.




Penggunaan Ichimoku Pada Trading

Cara membaca Ichimoku untuk mengetahui kemungkinan pergerakan harga dan memutuskan mengambil posisi dapat disimpulkan sebagai berikut.

0 komentar: